Rabu, 10 September 2008

MIRIS



Menyesakkan dada memang melihat tayangan di sebuah stasiun TV, cara orang2 mencari keuntungan dengan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan sebuanyak2-nya. Sapi glonggongan, ayam suntik (disuntik udara supaya kliatan montok), bahkan kemarin di Bantul ditemukan hati sapi penuh cacing dijual di pasar hiiii. Bikin terasi pake pewarna pakaian, mengeringkan ikan dengan pemutih pakaian, makanan anak2 juga dengan pewarna pakaian, bikin tahu, mie, dan bakso dengan pengawet mayat. Ampun Tuhan. Adalagi yang karena minyak goreng mahal, maka penjual gorengan mulai menggoreng makanannya dengan menyertakan plastik supaya irit minyak. Apa yang bisa kita perbuat.. tak ada lagi rasa aman, bahkan merek2 terkenalpun tetap tidak bisa menjamin aman. (kasus susu yang mengandung bakteri, makanan dengan sakarin) Punya ide pingin menghimpun ibu2 rumah tangga, bapak2 dan orang-orang yang perduli untuk secara pribadi datang ke laboratorium untuk memeriksakan makanan yang mereka konsumsi sehari2 dan hasilnya diumumkan sehingga kita secara mandiri tanpa tergantung dari pemerintah atau instansi laen atau apapun itu namanya, untuk melindungi diri sendiri dari hal2 yang membahayakan jiwa kita, keluarga dan orang2 di sekitar kita. Ada yang bisa bantu? Ini ada beberapa informasi sederhana, yang gak rugi kalau kita tahu tentang yang berbahaya di sekitar kita :
1. BOTOL BEKAS AIR MINERAL
Kebiasaan yang tidak baik memakai ulang botol plastik itu sebagai tempat minum. Bahan botol plastik disebut polyethylene terephthalate (PET) mengandung zat karsinogen (DEHA). Botol ini aman bila dipakai tidak lebih dari seminggu. Apabila dicuci berulang ulang akan merusak bahan plastik dan zat karsinogen bisa tercampur ke air yang kita minum. Lebih baik membeli plastik yang memang bisa kita pake berulang2.
http://pohonbambu.wordpress.com/2008/09/02/hatihati-dengan-kemasan-botol-plastik/

2. UNTUK PARA PENGGEMAR SATE (YANG DIBAKAR)
Saat makan sate, ikut pula karbon hasil pembakaran dari arang yang bisa mengakibatkan kanker. Katanya sih makan timun setelah mengkonsumsi sate karena buah ini mengandung zat anti karsinogen dari pembakaran arang itu.

3. KEMASAN MAKANAN yang berbahaya :
a. Kertas bekas koran dan majalah mengandung timbal (Pb) yang bila masuk tubuh bisa merusak ginjal, hati dll. Baiknya pake piring beling ajah.
b. Styrofoam : mengandung residu yang dapat merusak reproduksi manusia akibat kandungan karsinogennya.







Tidak ada komentar: